Tips Membuka Usaha Warnet (Game Online)

Pada saat ini warnet sudah menjamur dimana-mana. Tapi bukan berarti peluang usaha warnet sudah tertutup. Ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut jika ingin membangun sebuah warnet.

  1. Warnet vs Game Online

    Jika Anda membuka usaha warnet, Saya menganjurkan supaya Anda membuat Game Online sekaligus, Jangan tanggung-tanggung ! Lho kenapa ? karena Online Gamers lebih loyal daripada pengunjung warnet. Online Gamers bisa di warnet Anda sampai berhari-hari di tempat anda. Mereka istirahat hanya pada saat makan saja. Begitu penuturan seorang pemilik warnet di daerah Kramat Jati yang kebetulan juga teman saya. Kalau pengunjung warnet rata-rata hanya dua jam berada di warnet.

  2. Memilih Lokasi yang tepat

    Lokasi adalah faktor yang paling berpengaruh jika anda ingin membangun warnet. PKS sering disebut orang sebagai kategori yang tepat untuk membuat tempat usaha. Bukan nama sebuah partai lho…J Melainkan Pasar, Kantor, Sekolah (PKS). Tapi untuk warnet, sekolah adalah lokasi yang tepat untuk membuat warnet. Sekolah di sini bisa berarti sekolah atau kampus.Tapi jika anda memilih sekolah, sebaiknya anda memasang tanda “Yang berseragam sekolah dilarang masuk”. Hehe..Nanti sekolah di tempat anda kosong, karena murid-muridnya sibuk main RF J.

  3. Memilih ISP Warnet yang tepat

    Jangan cuma memilih ISP Warnet yang murah saja, After sales juga harus diperhatikan. ISP yang memberikan layanan yang cepat lebih baik kita gunakan walaupun harganya sedikit mahal. Anda pasti tidak mau kehilangan pelanggan kan,karena koneksi di warnet anda sering putus-putus dan respon dari ISP Anda yang tidak memuaskan.

  4. Desain warnet yang “Gaul Abis”

    Desain warnet disesuaikan dengan pengunjungnya. Untuk game online, pilihlah desain interior warnet yang gaul abis..Artinya pilihlah cat tembok yang hidup, poster-poster game online, sampai pasang spanduk di pintu depan. Buat pelanggan senyaman mungkin di tempat Anda. Sediakan dua tempat, yang bersekat dan yang tidak. Sebagian dari pengunjung ada yang senang bergerombol, tapi ada pula yang ingin privasinya tidak terganggu. Dan juga sediakan lahan untuk parkir motor yang cukup.

  5. Backup

    Backup yang saya maksud adalah backup perangkat dan backup biaya. Untuk backup perangkat sediakan 3 PC untuk backup PC router, server billing, dan PC client. Jadi ketika terjadi kerusakan operator tinggal mengganti PCnya saja sehingga waktu downtime dapat Anda minimalisai. Sedangkan backup biaya yang saya maksud adalah sediakan dana backup minimal cukup untuk biaya operasional 3 bulan ke depan. 3 bulan pertama setelahwarnet anda berdiri adalah masa-masa sulit bagi usaha anda. Dengan adanya biaya backup ini, resiko usaha dapat kita kurangi.

  6. Kontrol dan Perawatan

    Jangan lupa mengontrol warnet anda setelah beroperasi. Untuk Pembukuan dapat kita periksa sehari-hari yang dapat kita download datanya dari server billing.Selain itu update patch game online, windows, anti virus secara berkala sebagail langkah perawatan warnet anda. Merawat gedung, meja,kursi dan perangkat lainnya tidak terlepas dari langkah perawatan kita.

Demikian informasi yang dapat saya bagi kepada teman-teman berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki di usaha warnet. Ada komentar ?

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kira2 berapaan biaya untuk 3 unit saja.maklom mo belajar nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: